SD Pembangunan Jaya sejak tahun 2013 secara konsisten menerapkan Kurikulum 2013 dan mengimplementasikannya dalam pembelajaran di kelas. Guru sebagai ujung tombak pelaksana Kurikulum 2013 secara periodik dan terjadwal selalu diikut sertakan dalam pelatihan-pelatihan Kurikulum 2013 baik yang bersifat nasional ataupun mandiri yang diadakan oleh SD Pembangunan Jaya.Sehingga SD Pembangunan Jaya siap untuk menerapkannya di segala aspke KBM.
.
Beberapa aspek yang terkandung dalam kurikulum 2013 tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Pengetahuan
Untuk aspek pengetahuan pada
kurikulum 2013, masih serupa dengan aspek di kurikulum yang sebelumnya,
yakni masih pada penekanan pada tingkat pemahaman siswa dalam hal
pelajaran. Nilai dari aspek pengetahuan bisa diperolehjuga dari Ulangan
Harian, Ujian Tengah/Akhir Semester, dan Ujian Kenaikan Kelas. Pada
kurikulum 2013 tersebut, pengetahuan bukanlah aspek utama seperti pada
kurikulum-kurikulum yang dilaksanakan sebelumnya.
2. Keterampilan
Keterampilan merupakan aspek baru
yang dimasukkan dalam kurikulum di Indonesia. Keterampilan merupakan
upaya penekanan pada bidang skill atau kemampuan. Misalnya adalah
kemampuan untuk mengemukakan opini pendapat, berdiksusi/bermusyawarah,
membuat berkas laporan, serta melakukan presentasi. Aspek
Keterampilansendiri merupakan salah satu aspek yang cukup penting
karena jika hanya dengan pengetahuan, maka siswa tidak akan dapat
menyalurkan pengetahuan yang dimiliki sehingga hanya menjadi teori
semata.
3. Sikap
Aspek sikap tersebut merupakan aspek
tersulit untuk dilakukan penilaian. Sikap meliputi perangai sopan
santun, adab dalam belajar, sosial, absensi,dan agama. Kesulitan
penilaian dalam aspek ini banyak disebabkan karena guru tidak setiap
saat mampu mengawasi siswa-siswinya. Sehingga penilaian yang dilakukan
tidak begitu efektif.
Sementara untuk buku Laporan Belajar atau Rapor pada Kurikulum 2013
tersebut ditulis berdasarkan pada Interval serta dihapuskannya sistem
ranking yang sebelumnya ada pada kurikulum. Hal ini dilakukan untuk
meredam persaingan antar peserta didik. Upaya penilaian pada Rapor di
kurikulum 2013 tersebut dibagi ke dalam 3 kolom yaitu Pengetahuan,
Keterampilan, danjuga Sikap. Setiap kolom nilai tersebut (Pengetahuan
dan Keterampilan) dibagi lagi menjadi 2bagia kolom yaitu kolom angka
dan juga kolom huruf, dimana setiap kolom diisi menggunakan system nilai
interval.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar